Lokasi/tempat (place) :
Lokasi atau saluran distribusi adalah tempat atau
wadah untuk menyampaikan jasa kepada pasar sasaran adalah dua kunci area
keputusan. Hal ini memiliki relevansi yang besar karena jasa tidak bisa
disimpan serta diproduksi dan dikonsumsi di tampat yang sama. Distribusi
jasa terdiri atas : 1) Lokasi dan Saluran distribusi. Menurut Lupiyoadi
(2006), lokasi berarti berhubungan dengan di mana perusahaan harus
bermarkas dan melakukan operasi atau kegiatannya. Dalam hal ini ada tiga
jenis interaksi yang mempengaruhi lokasi, yaitu : a) Konsumen mendatangi
pemberi jasa (perusahaan) : Apabila keadaannya seperti ini maka lokasi
menjadi sangat penting. Perusahaan sebaiknya memilih tempat dekat dengan
konsumen sehingga mudah dijangkau atau dengan kata lain strategis. b)
Pemberi jasa mendatangi konsumen. Dalam hal ini lokasi tidak begitu
penting, tetapi yang terpenting adalah penyampaian jasa yang berkualitas. c)
Pemberi jasa dan konsumen tidak bertemu langsung. Berarti penyedia jasa
Universitas Sumatera Utara
dan konsumen berinteraksi melalui sarana tertentu seperti : telepon, computer
(network) atau surat. Dalam hal ini lokasi menjadi sangat tidak penting
selama komunikasi antara kedua pihak terlaksa dengan baik. 2) Saluran
distribusi, maksudnya adalah penyampaian jasa juga dapat melalui organisasi
maupun orang lain. Menurut Kotler (2007), “Saluran distribusi terdiri atas
seperangkat lembaga yang melakukan segala kegiatan atau fungsi yang
digunakan untuk menyalurkan produk dan status pemiliknya dari produsen
ke konsumen”. Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa saluran distribusi
suatu barang adalah keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan
produk / jasa disertai dengan hak pemiliknya dari produsen ke konsumen
akhir atau pemakai. Distribusi berkaitan dengan kemudahan memperoleh
produk di pasar dan tersedia saat konsumen mencarinya. Distribusi
memperlihatkan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk
menjadikan produk atau jasa diperoleh dan tersedia bagi konsumen sasaran.
Secara tradisional penjualan langsung adalah metode distribusi yang paling
cocok. Tetapi perusahaan secara aktif mencari saluran lain yang
meningkatkan pertumbuhan dan untuk mengisi kapasitas yang tidak
digunakan. Saluran distribusi yang dapat dipilih antara lain : Penjual
langsung (direct sales), Agen (brokers), Agen/broker penjual atau pembeli
dan waralaba (franchises) serta pengantar jasa kontrak (contracted service
delivers).
Label: place