Look :: JOURNAL | BOOK | SITE MAP

PRODUK DAN STRATEGI PRODUK DALAM PEMASARAN

Menurut penulis Produk adalah segala sesuatu barang, jasa, events, tempat dan organisasi yang ditawarkan dari produsen kepada konsumen didalam suatu pasar dan berguna untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen tersebut.

Produk harus di kemas atau di desain secara menarik agar dapat menarik perhatian dari konsumen, selain itu pemberian nama dalam produk atau Merk juga penting karena nama atau Merk dari produk tersebut dapat menarik para konsumen untuk membeli produk tersebut. Perusahaan juga harus memikirkan bagaimana cara membuat produk yang baik dan benar agar konsumen merasa puas atas produk tersebut. Perusahaan juga harus memikirkan manfaat positif yang di peroleh oleh konsumen yang memakai jasa dari produk tersebut, Apakah produk tersebut baik menurut konsumen atau sebaliknya. Jika konsumen merasa tidak puas atau tidak cocok atas produk tersebut akan berdampak negatif bagi perusahaan produk tersebut karena konsumen bisa meninggalkan produk tersebut dan pindah ke produk perusahaan yang lain. Contohnya adalah : Pertama-tamanya konsumen menggunakan produk dari PT. A, karena konsumen tersebut tertarik akan nama merk dan promosi yang di tawarkan dari perusahaan produk tersebut, setelah digunakan oleh konsumen, konsumen merasa tidak puas atau tidak cocok akan produk tersebut. Sehingga konsumen tersebut lari dan meninggalkan produk dari PT. A dan pindah hati kepada produk dari PT. B, karena anggapan dari konsumen tersebut produk dari PT. B lebih baik dari pada produk dati PT. A.

Siswanto sutojo (2009) mengemukakan bahwa ada beberapa faktor penting yang wajib diperhatikan perusahaan dalam menyusun startegi produk mereka.

1. Startegi pemilihan segmen pasar yang telah mereka tentukan sebelumnya.
2. Pengertian tentang hakekat produk dimata pembeli.
3. Strategi produk pada tingkat kombinasi produk secara individual, pada tingkat seri produk dan pada tingat kombinasi produk secara keseluruhan.
4. Titik berat strategi pemasaran pada tiap tahap siklus kehidupan. Siswanto Sutojo mengemukakan pula, Produk di golongkan berdasarkan tujuan konsumen membeli barang secara umum, seperti yang ia kemukakan di bawah ini:

A. Konsumen Product
Konsumen product adalah produk yang di beli oleh konsumen untuk kepentingan diri sendiri. Konsumen product di bedakan menjadi tiga bagian yaitu:

a. Convience product adalah produk yang sering di beli konsumen dan harganya rendah, biasanya kegiatan promosi convience produk di lakukan dalam bentuk mass. Advertising.

b. Shoping product adalah Produk skunder yang harganya lebih mahal dari pada Convience produk, produk jenis ini biasa digunakan untuk memenuhi kebutahan skunder manusia.

c. Unsoght Produk adalah Produk yang sering tidak terpikir di beli oleh konsumen, contoh Unsoght product menurut Siswanto adalah : Asuransi tanah, kuburan dan ensiklopedi.

B. Business Product
Business Product adalah Produk yang di beli oleh konsumen untuk kepentingan organisasi atau bisnisnya. Product bisnis bisa di katakan sebagai produk yang di beli untuk di jual lagi. penulis menyimpulkan bahwa Konsumen harus bisa memahami Produk-produk yang di golongkan di atas agar tidak salah memilih dalam membeli produk yang di inginkan oleh konsumen. Di samping itu juga pemahaman dalam memilih produk suatu barang sangat di perlukan oleh konsumen.

0 komentar :

Post a Comment